Kehamilan Kosong Bisakah Dipertahankan ?

dokter spesialis kandungan di medan
Hamil kosong atau blighted ovum berbeda dengan hamil anggur atau hamil di luar rahim. Hamil kosong adalah satu kondisi dimana rahim wanita yang tengah hamil kosong.

Apa itu kehamilan kosong ?
Hamil kosong (blighted ovum) adalah kejadian dimana saat sel telur yang dibuahi di dalam rahim tidak berkembang menjadi embrio. Hamil kosong pada umumnya akan terjadi pada kehamilan muda, yaitu pada hamil trimester pertama.

Hamil kosong dan penyebabnya ?
Ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan hamil kosong, sampai dengan saat ini masih sulit untuk dideteksi penyebab pastinya. Biasanya karena proses penyatuan antara sperma dan sel telur tidak terjadi sempurna (gagal berkembang).

Hamil kosong bertahan berapa lama ?
Pada umumnya hasil kosong akan luruh ketika kehamilan antara 14 - 16 minggu. Jika kehamilan telah luruh yang ditandai dengan adanya perdarahan segera periksa ke dokter kandungan untuk dilakukan pemeriksaan apakah masih ada sisa kehamilan atau sudah bersih. Jika masih ada sisa sebaiknya dibersihkan dengan cara pemberian obat-obatan atau jika diperlukan tindakan kuret oleh dokter kandungan.

Kehamilan kosong bisakah dipertahankan ?
Tidak bisa, karena embrio tidak berkembang. Hamil kosong tidak ada janin, hanya merupakan cairan ketuban dan selaput ketuban saja.

Hamil kosong berulang ?
Hamil kosong kemungkinan bisa berulang pada siklus kehamilan berikutnya. Bila disebabkan oleh infeksi torch. Sebaiknya lakukan screening prenatal yaitu pemeriksa laboratorium sebelum merencanakan kehamilan berikutnya. Dan berkonsultasilah kepada dokter spesialis kandungan atau praktisi medis lainnya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Bawah Artikel