Apa Saja Ciri-ciri Kemandulan Pada Wanita dan Pria

dokter spog di medan

Apa sih yang dimaksud kemandulan ?

Kemandulan merupakan proses dimana gagalnya pertemuan sel telur dengan sperma sehingga tidak terjadi pembuahan. Namun jangan sedih duluKemandulan biasanya menjadi momok yang paling mengkhawatirkan bagi pasangan suami isteri yang baru menikah ataupun yang sudah bertahun-tahun menikah. Nah, bagaimana sih mengatasi kemandulan ? dan apa sih ciri-ciri kemandulan ?

Kemandulan itu apabila kamu sudah melakukan hubungan seksual secara berturut-turut kurang lebih selama 12 bulan, kemudian selalu mengalami kegagalan pembuahan, nah baru dikategorikan kemandulan.

Apa saja ciri-ciri kemandulan para pria ?
Apa saja ciri secara fisik untuk kemandulan tidak dapat dilihat begitu saja. Tapi biasanya dari ciri-ciri seksual itu bisa kelihatan, salah satunya rambut pubis tumbuh tipis atau tidak ada pada kemaluan pria, terjadi karena gangguan hormonal. Gejala kemandulan pada pria bisa juga gangguan pada testis (buah zakar) biasanya buah zakarnya salah satu tidak ada, atau tidak normal sejak lahir kemudian bisa juga apabila terjadi pembengkakan atau kemerahan pada buah zakar, atau bisa juga buah zakar terlihat lebih kecil dari buah zakar pria pada umumnya.

Faktor kemandulan pada pria ?
Selanjutnya pria yang mengalami obesitas, pria perokok, pria yang hidupnya kurang teratur misalnya tidak pernah olahraga secara rutin kemudian ada beberapa penyakit penyerta misalnya memiliki keluarga yang riwayat kemandulan juga, ada juga penyakit pada sperma yang paling sering itu trauma atau pernah kecelakan pada daerah kemaluan pria.

Apa yang menyebabkan kemandulan para pria ?
Biasanya paling sering adalah gangguan pada testis. Misalnya ada infeksi pada testis, terpelintirnya testis itu juga bisa menyebabkan kemandulan. Karena testis adalah tempat terbentuknya sperma pada pria. Apabila proses pembentukannya saja sudah kurang baik, biasanya tidak akan mengeluarkan sperma atau ejakulasi secara tepat dan tentunya kualitas spermanya kurang baik.

Apa saja ciri-ciri kemandulan para wanita ?
Ciri kemandulan para wanita biasanya wanita yang memiliki riwayat siklus menstrusi yang tidak teratur. Normalnya waktu menstruasi adalah 5-7 hari. Wanita yang memiliki gejala kemandulan biasanya waktu menstruasinya terjadi lebih lama ada yang sampai 10 hingga 15 hari. Kemudian satu siklus saat menstruasi terjadi pendarahan yang lebih banyak sehingga sering beberapa kali ganti pembalut. Terjadi pendarahan berulang yang terjadi antara siklus menstruasi yang satu dengan siklus menstruasi yang lainnya. Itu biasanya menyebabkan penyakit lainnya seperti miom dan kanker, ini juga bisa menyebabkan kemandulan. Ciri-ciri kemandulan pada wanita secara fisik hampir sama dengan pria, yaitu pada organ kewanitaan rambut pubisnya sedikit atau cenderung botak, wanita yang obesitas dan juga wanita terlalu capek (sering bekerja) ini juga menyebabkan penurunan sel telur.

Apa yang menyebabkan kemandulan para wanita?
Biasanya paling sering adalah hormonal, dari siklus menstruasi yang bisa diperbaiki. Hal ini bisa dikonsultasikan ke dokter kandungan atau dokter obgyn untuk dilakukan pemeriksaan dan dilakukan terapi hormonal. Kemandulan pada wanita bisa juga disebabkan karena ada penyakit rahim (endometriosis)

Apakah kemandulan bisa disembuhkan ?
Pada sebagian wanita ataupun pria bisa dilakukan pemeriksaan dan dilakukan terapi hormonal. Silahkan konsultasikan ke dokter kandungan terdekat di kota Anda.





PingMyLinks.com - FREE Website Submission

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Bawah Artikel