Bagaimana Cara Mengetahui Tanda Kehamilan Dini ? Apa Saja Yang Perlu dilakukan ?

dokter kandungan di medan
Bagaimana cara mengetahui tanda kehamilan dini ? dan apa saja yang perlu dilakukan setelah mengetahui kehamilan

Apa itu kehamilan dini ?
Sangat penting bagi wanita untuk menyadari kehamilan dini sejak awal. Kenapa ? agar dapat memantau perkembangan janin sejak dini dan mempersiapkan kehamilan yang sehat.

Tanda kehamilan dini ?
Kehamilan adalah saat yang sangat dinantikan oleh setiap wanita dan pasangan suami isteri yang begitu menginginkan untuk dapat memiliki buah hati dambaan keluarga (family hoping). Pasangan suami isteri pasti akan lebih bahagia dan terasa lebih lengkap dengan kehadiran buah hati yang dinanti. Namun, biasanya pasangan suami isteri yang masih baru minim pengetahuan secara betul mengenai tanda-tanda kehamilan itu seperti apa. Banyak wanita menilai tanda-tanda kehamilan hanya dilihat dari satu sisi yaitu wanita terlambat datangnya menstruasi. Perlu diketahui juga, bahwa terlambat datangnya menstruasi bukan hanya disebabkan oleh kehamilan saja. Ada banyak faktor yang bisa mempengaruhi seseorang terlambat datang menstruasi, misalnya karena pola makan, kecapean, stress, atau mungkin terjadi gangguan hormonal dan lainnya.

Kehamilan dini terjadi pada Trimester 1, yaitu kehamilan pada 3 bulan pertama.

Kehamilan dini bisa dideteksi dibawah kehamilan 16-20 minggu. Kenapa ? karena dimasa ini proses janin sedang bertumbuh atau detak jantung janinnya sedang bertumbuh. Janin bisa dikatakan hidup bila saat di deteksi detak jantungnya berdetuk normal dengan rasio 140-160 x permenit. yang dikatakan kehamilan dini adalah pada trimester 1 kehamilan dibawah 16-20 minggu.

Deteksi kehamilan dini ?
Biasanya bisa terdeteksi dengan cukup dengan gejala sakit kepala, mual muntah atau mungkin secara klinis lebih spesifik lagi sering kencing atau sering sembelit, kenapa bisa seperti itu karena ada penekanan pada kandung kemih atau tekanan pada saluran buang air besar.

Cara mendeteksi kehamilan dini dari fisik wanita ? 
Biasanya terjadi perubahan pada payudara yang akan membesar, jangan khawatir ini disebabkan oleh meningkatnya produksi hormon esterogen dan progesteron. Selain itu kondisi payudara juga akan terasa makin lembut, hal ini menimbulkan rasa sensitif yang lebih tinggi, hingga payudara akan terasa sakit atau nyeri saat dipegang. Munculnya flek dan sering kram perut, mual muntah dipagi hari atau dikenal dengan istilah morning sickness pemicunya adalah terjadi peningkatan hormon secara mendadak di aliran darah.

Untuk itu anda perlu mengetahui tanda pasti kehamilan, ini harus dilakukan oleh tenaga medis dan alat medis contohnya dengan  testpack (tes kehamilan) dan kontrol ke dokter kandungan terdekat. Jadi akan diperiksa HPHT (Hari Pertama Haid Terakhir) jadi akan dihitung mundur kapan terakhir haid dan gejala apa saja yang sudah dialami dan akan dilakukan USG oleh dokter kandungan anda.

Apa pentingnya mengetahui kehamilan sejak dini ?
Mempersiapkan kehamilan sejak dini sangat penting karena untuk mempersiapkan kedua pasangan baik pria ataupun wanitanya dalam mempersiapkan ANC (Antenal Care).

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Bawah Artikel