Hi Mom, Berikut Info Tanda - Tanda Kehamilan Muda


Kehamilan dan Prenatal care


Kehamilan

Kehamilan adalah terdapat produk konsepsi yang sudah berimplantasi atau tertanam baik secara normal atau tidak normal di dalam rahim atau terkadang bisa di tempat lain. Proses kehamilan dapat diakhiri dengan aborsi spontan (keguguran), proses pengguguran terjadwal atau melalui persalinan. Perubahan-perubahan fisiologis yang terjadi pada wanita hamil yang memengaruhi setiap sistem organ.

Diagnosis

Pada seorang wanita yang memiliki siklus menstruasi teratur dan aktif secara seksual, penundaan siklus menstruasi lebih dari beberapa hari sampai seminggu hingga menunjukkan kehamilan. Pada tahap awal, wanita dapat menunjukkan tanda dan gejala kehamilan. Pemeriksaan fisik, dan beberapa tanda menunjukkan kehamilan:

dokter spesialis kandungan medan
foto di olah dari pixabay

Tanda dan Gejala Kehamilan

Tanda Kehamilan

·         Perubahan warna kebiruan pada vagina dan serviks/mulut rahim (tanda Chadwick)

·         Pelunakan dan kebiruan pada serviks saat atau setelah minggu ke-4 (tanda Goodell)

·         Pelunakan uterus/rahim setelah minggu ke-6 (tanda Laden)

·         Pembengkakan dan nyeri tekan pada payudara

·         Dijumpai adanya garis hitam (linea nigra) dari pusat ke rambut kemaluan

·         Telangiectasis (pembendungan vena)

·         Kemerahan pada telapak tangan

Gejala

·         Amenorea/telat menstruasi

·         Mual dan muntah

·         Nyeri payudara

·         Terasa gerakan janin

Berbagai tes kehamilan urin memiliki sensitivitas tinggi dan akan positif setelah waktu siklus menstruasi terlewat. Tes urin dan tes serum laboratorium di rumah sakit untuk mengukur subunit-β dari human chorionic gonadotropin (β-hCG). Hormon ini, diproduksi oleh plasenta, dan akan naik sampai batas tertinggi (peak) 100.000 mIU / mL pada usia kehamilan 10 minggu, dan akan menurun sepanjang trimester kedua, dan kemudian turun pada sekitar 20.000 hingga 30.000 mIU / mL pada trimester ketiga. Kehamilan yang layak dapat dikonfirmasikan dengan USG, yang dapat menunjukkan kantung rasional sedini 5 minggu pada USG transvaginal atau pada β-hCG dari 1.500 hingga 2.000 mIU / mL. Gerakan jantung janin (FH) dapat dilihat pada ultrasonografi transvaginal segera setelah 6 minggu atau pada β-hCG dari 5.000 hingga 6.000mIU / mL.


Tahapan embrio adalah mulai dari pembuahan hingga kehamilan adalah 8 minggu (10 minggu usia (Gestasional Age). Setelah 8 minggu sampai kelahiran, disebut dengan janin. Istilah bayi dikenal mulai dari kelahiran sampai usia 1 tahun.

Kehamilan dibagi menjadi 3 trimester.

Trimester pertama berlangsung hingga 12 minggu, bila didefenisikan GA hingga 14 minggu,

Trimester kedua berlangsung dari 12-14 hingga 24 -28 minggu,

Trimester ketiga berlangsung dari 24- 28 minggu hingga kelahiran.

Kelahiran janin pada usia kehamilan 28 minggu hingga 37 minggu dianggap prematur.

Kelahiran janin usia kehamilan antara 37-42 minggu dianggap viable atau cukup bulan.

Kelahiran janin usia kehamilan lebih dari 42 minggu dianggap postterm (kehamilan lewat bulan).



Usia kehamilan janin dinilai dengan minggu dan hari yang dihitung dari tanggal menstruasi terakhir (LMP). Usia perkembangan (DA) atau usia konsepsi atau usia embrio adalah tanggal dalam minggu dan hari dari proses pembuahan (fertilisasi). Karena fertilisasi biasanya terjadi kira-kira 14 hari setelah hari pertama  dari tanggal periode menstruasi berikutnya. Usia kehamilan biasanya 2 minggu lebih tua dari usia perkembangan.

Secara sederhana, memakai rumus Nagele untuk menghitung tanggal  taksiran tanggal persalinan (TTP), yaitu bulan dikurang 3 dan hari ditambah 7 dari tanggal menstruasi terakhir. Contoh tanggal menstruasi terakhir yaitu 16 Januari 2017, dihitung   23 Oct 2017. Bila tanggal ovulasi diketahui, contoh kehamilan dengan tehnologi reproduksi berbantu, TTP bisa dihitung dengan menambah 266 hari. Dan tanggal kehamilan dapat di konfirmasi dan harus konsisten dengan pemeriksaan ukuran uterus dan rencana kontrol prenatal pertama.

Bila tanggal menstruasi terakhir tidak jelas, bantuan ultrasound sering digunakan untuk menghitung TTP.  USG memiliki tingkat ketidakpastian semakin bertambahnya usia kehamilan, tetapi jarang lebih 7 % dan 8% dari usia kehamilan. Menilai usia kehamilan dengan USG pada trimester pertama , tidak akan berbeda selama 1 minggu .



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Bawah Artikel